Sunday 23 September 2012

Menjelajah Pesona Pulau Sempu | Backpacker Indonesia


Oke guys, kali ini gue akan sedikit cerita pengalaman jalan-jalan ke Pulau Sempu bersama temen dari Backpacker Indonesia (BPI). Sebenarnya gue udah pernah ke Pulau Sempu, sekitar bulan Maret tahun 2011, tapi waktu itu gue naik motor bareng temen-temen satu jurusan. Kali ini, perjalanan gue bersama temen BPI naik angkutan umum.

Tiga orang temen BPI bernama Renno, Mirella (chacha), dan Pipit. Awalnya gue sama sekali gak kenal siapa mereka. Modalnya hanya saling percaya saja, dan akhirnya kita berangkat ke Sempu bersama.

Start kita di stasiun Malang kemudian naik angkot AG jurusan Gadang. Perjalanan dari stasiun kota ke Gadang kira-kira 30 menit dengan biaya Rp 3.000 per orang. Kita turun di terminal Gadang untuk ganti angkutan (elf) ke Turen. Kalau mau tahu gimana sih perempatan Gadang tempat ganti angkutan bisa lihat foto di bawah Gan:
Perempatan Gadang, Malang

Turun dari angkot AG, kita naik elf menuju ke Turen dengan biaya Rp 4.000 per orang. Ternyata sopir elf menawarkan diri untuk mengantar jemput kita ke Sendang Biru dengan biaya Rp 200.000. Sebenarnya harga itu sudah termasuk murah guys, apalagi kalau kita berangkatnya rombongan. Tapi disini ane sarankan agar nggak usah carter elf dari Gadang, karena ternyata kita ditipu oleh sopir itu.


Perjalanan dari Gadang ke Sendang Biru kira-kira selama 3 jam. Dari data Exif foto yang ane ambil, kita berangkat dari Gadang jam 13.32 dan sampai di Sendang Biru pukul 16.35 WIB. Belum puas saya hunting foto di Sendang Biru, kami sudah harus menyebrang menggunakan kapal terakhir.
Pantai Sendang Biru

Saran gue, kalau mau puas di Sendang Biru, berangkat lebih pagi dari kota Malang. Sebelum menyeberang, kita diharuskan izin (mendaftar) ke petugas-nya. Biayanya tidak mahal, cukup dengan sebungkus rokok "Gudang Garam Surya" atau rokok apa sajalah.

Setelah semua urusan selesai, perjalanan menggunakan kapal pun siap dilakukan. Pemandangan indah pada senja sore itu mengiringi perjalanan kami berempat. Kuning keemasan langit seolah mengatakan, perjalanan ini lebih berharga dibanding dengan harta.

Senja di Perjalanan
Matahari Senja
Gelap dan lebat hutan menimbulkan suasana mistis mengiringi perjalanan kami menuju segara anakan. Hanya sorot lampu senter yang memberikan kenyamanan kepada kami membelah hutan hujan tropis yang sunyi. Perjalanan ini sungguh terasa lama. Pertanyaan tentang sampai kapan akhirnya pun sering kami lontarkan, mengisi keheningan malam.

Akhirnya, perjalanan penuh misteri itu pun berakhir. Tak terasa 2 jam lamanya kita berada dalam hutan yang gulita, tak ada penerangan, bahkan cahaya bintang pun tak mampu menembus lebatnya daun rimba yang menjulang.

Tenda pun telah didirikan, di pesisir segara anakan Pulau Sempu. Kini ku bisa menikmati guyuran cahaya bintang jutaan tahun yang lalu. Setia menemaniku dalam lelap.

Tak sengaja mata ini terbuka, melihat cahaya bintang yang mulai memudar. Biru langit mulai sedikit nampak dihiasi warna merah kekuningan dalam hitamnya fajar. Beberapa menit tak terasa ku habiskan waktu menikmati indah ciptaan Allah hingga matahari penuh menampakkan wajahnya.

Hijau air Segara Anakan mulai tampak, menyejukkan mata ini. Mengobatinya dari kekangan putih sinar LCD laptop yang setiap hari kupandang. Kutengok kebelakang, pasukan kera mulai berkeliaran mencari sarapan.
Segara Anakan Pulau Sempu, Malang
Aku disini!!!!
Sungguh aku ingin tetap disini. Menikmati semua hal yang Allah suguhkan kepadaku. Menikmati aroma khas angin pantai. Menikmati ribut gemuruh ombak yang menyapu karang.

Rasa berat berpisah semakin kuat saat siang menjelang. Sampai jumpa lagi, aku akan kembali lagi kesini bersama masa depanku.


Bersama Kawan dari Semarang
Kita
Dibalik Tebing Kokoh Segara Anakan
Segara Anakan

15 comments:

  1. mantab gan. . .
    gan, tolong buka email yah. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir,, iya, emailnya udah ane buka. udah masuk kn sms dari ane..

      Delete
  2. bang ane minta email dan nomor hape lu dong :D

    ane rencana mau ke Malang nih akhir maret ini dari Jakarta, sendirian, please respon cepat :D

    ReplyDelete
  3. waduh fitri, maaf banget. q baru sempet buka blog.. gmn, udah jadi ke sempu? emailq: andrianjati@gmai.com, nope: 085791491859.

    ReplyDelete
  4. Hallo, siapa mau gabung... rencanaku tgl 22 juni 2013 aku (dan anakku 2 remaja) mau bacpaker-an : berangkat dari stasiun senen ke yogya (goa pindul), lalu naik kereta sri tanjung ke purbolinggo (Bromo) dan air terjun mardikapura, lanjut ke malang p. sempu....) . Tks, ya yg udah berbagi informasi lewat internet...semua informasi udah aku serap... tinggal sekarang aku cari teman biar bisa sharing biaya kalau terpaksa harus sewa kendaraan,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya perjalanan yg menyenangkan, semoga bisa menikmatinya bro. dan semoga kembali ke rumah dengan selamat, sehat wal'afiat.

      Delete
    2. Kebeneran saya n tmn2 jg ยช∂a̲̅ rencana mau ke sempu bulan juni,,,ide bagus jg tuh kl bisA pergi bareng skalian dpt tmn baru...hehe. Boleh bagi kontaknya gak biar bisa lbh gampang komunikasinya...thx

      Delete
  5. Gua linkga amat dan temen2 dr jakarta pgn bgd nih ke pulau sempu..kali aja bs jadi guide kita bro hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah bisa aja lo gar.. ayo deh, kapan ke sini lagi. gw tunggu.

      Delete
  6. Mantap!
    Lagi2 info seputar Sempu yg indah. Dari dulu pingin ke sini tp belum kesampean.
    Bisakah bila explore Sempu cuma sehari?

    Silakan kunjung juga blog Tukang Makan Angin:

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempu memang indah, tapi sayang sekarang kayaknya kotornya minta ampun, banyak sampah. tolong kalau ente kesana jangan lupa sampahnya di bawa pulang.

      kalau mau sehari juga bisa kok

      Delete
    2. hai salam kenal, suka bgt deh sm cerita jalan2nya...
      aq jg pernah ke pulau sempu dan bromo, bln feb lalu...

      kalo ad wktu silakan berkunjung di http://rinautami47.wordpress.com

      Delete
  7. gan ane mau tanya tanya ni gan ane mau ke pulau sempu ma temen temen ane dan mungkin menginap apakah ada izin terlebih dahulu atau bgaimana ya? dan situasi dan kondisinya apakah benar kotor gan? ramai pengunjung begitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk izin langsung di BKSDA sendang biru.. satu bulan yang lalu emang kotor gan, banyak sampahnya. kalau situasi terbaru ane belum tahu. saran ane, kalau ke sempu, di bawa ya sampahnya.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...