Sunday 6 March 2011

Lahar Dingin di Sleman

Liburan bulan Januari kemarin entah kenapa membuatku bosan. Hanya dirumah. Tak ada aktivitas yang berarti bagiku. Namun akhirnya aku bisa ke jogja bareng keluargaku.

Ngomong-ngomong soal jogja, kita pasti teringat peristiwa meletusnya gunung merapi beberapa bulan yang lalu. Peristiwa alam yang maha dahsyat tersebut merenggut puluhan nyawa dan membuat warga sekitarnya resah. Sudah satu bulan kejadian itu berlalu, kini bencana lain menyusul.
Lahar dingin.

Munculnya lahar dingin diakibatkan adanya material yang dikeluarkan oleh gunung merapi berupa abu, pasir dan batu yang hanyut terbawa air. Saking banyaknya, aliran sungai di magelang sampai tidak mampu menampung lahar dingin dan akhirnya meluap ke rumah penduduk dan menutup jalan.

Banyaknya material yang dikeluarkan merapi tahun lalu sangat banyak, membuat warga khawatir. Kebetulan rumah saudaraku di Sleman dekat sekali dengan sungai gendol yang merupakan salah satu sungai yang dialiri lahar dingin. Ketika sedang santai sambil menikmati segelas teh hangat, tiba-tiba hujan deras melanda sleman dan sekitarnya. Saudaraku bilang bentar lagi pasti lahar dingin sampai di sini. Aku penasaran ingin melihatnya.

Tak selang berapa lama, terdengar suara gemuruh dari arah utara. Aku segera berlari ke tanggul untuk melihat apa yang terjadi. Ternyata benar, lahar dingin dengan cepat mencapai tempatku berpijak saat itu. Lahar dingin telah melewati atas jembatan yang menyebabkan kendaraan antri mengunggu lahar dingin menurun. Berikut gambar yang saya ambil dari kamera ponsel saya.









No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...